Daerah

Melalui Penilaian EKK, Pemkab Bengkalis Harap Tingkatkan Peran Aparatur Pemerintahan Kecamatan dalam Penuhi Pelayanan Publik

Bupati Bengkalis Kasmarni pada acara penilaian EKK tingkat Provinsi Riau Tahun 2022, Selasa (23/8/2022) di halaman Kantor Camat Mandau. (F:ist-ANews)

MANDAU (ANews) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berharap melalui adanya Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (EKK), dapat meningkatkan peran Aparatur Pemerintahan kecamatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik secara lebih optimal, dekat, dan cepat.

Demikian disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni pada acara Penilaian EKK tingkat Provinsi Riau Tahun 2022, Selasa (23/8/2022) di halaman kantor Camat Mandau.

Dalam penilaian EKK tersebut dihadiri langsung Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Riau sekaligus selaku Ketua Tim Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan Provinsi Riau Muhammad Firdaus bersama rombongan. 

Kegiatan ini berlandaskan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwasannya setiap tahun, Pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah kabupaten/kota di Riau untuk melaksanakan evaluasi terhadap kinerja kecamatan yang ada.

Dalam sambutannya, Kasmarni menyampaikan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendukung kegiatan penilaian dan evaluasi kinerja kecamatan tingkat Provinsi Riau.

"Kami berharap dengan ini dapat memicu kantor kecamatan untuk terus menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki, serta dapat memperolah masukan yang berguna dalam upaya pembenahan dimasa hadapan," ungkap Kasmarni.

Selanjutnya, Kasmarni menambahkan Pemkab Bengkalis telah melakukan EKK pada Kantor Camat Mandau dimana, seluruh tugas dan fungsi Kantor Kecamatan dapat dilaksanakan secara baik.

"Dinamika permasalahan yang terjadi di masyarakat hendaknya dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik, dan berikan inovasi-inovasi yang terbaik kepada masyarakat," harapnya.

Sementara Ketua Tim Penilaian Provinsi Riau Firdaus menyampaikan serta menjabarkan bentuk penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai EKK. 

"Adapun indikator EKK Tahun 2022 yang menjadi penilaian antara lain, kompetensi camat dan koordinasi urusan pemerintahan umum, koordinasi kegiatan pemerintah kecamatan, pelaksanan kewenangan yang dilimpahkan, penyelenggaraan tugas lainnya dan inovasi camat yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik," jelasnya. 

Turut hadir Asisten 1 Andris Wasono, seluruh kepala perangkat daerah, Camat Mandau Riki Rihadi, Camat Bantan Muthu Saily, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Camat Bathin Solapan M.Rusydi. Plt Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay, Ketua PKK Kecamatan Mandau serta unsur Forkopimcam Mandau.(infotorial)



Tulis Komentar