Ekonomi

Bisa Dicontoh, Bumdes Bimajaya Desa Geringging Jaya Kecamatan Sentajo Raya Kuansing Berkembang Pesat. Ini Kata Ketua Bumdes!

Bumdes Bima Jaya Desa Geringging Jaya Kecamatan Sentajo Raya termasuk salah satu Bumdes yang berkembang pesat di Kabupaten Kuantan Singingi. (F:ist-ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) -  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bimajaya Desa Geringging Jaya Kecamatan Sentajo Raya termasuk salah satu Bumdes yang berkembang pesat di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kepada AmanahNews.com Ketua Bumdes Siti Aisyah, S.Kom melalui Kepala Divisi II Ngatar Amir Raharjo menjelaskan sejak berdiri tahun 2017 Bumdes Bimajaya sampai saat ini telah menunjukkan kemajuan yang terbilang cukup pesat.  Usaha-usaha yang dikelola Bumdes dapat terkelola dengan baik, sehingga per tahun 2023 ini omset Bumdes Bimajaya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

" Bumdes Bimajaya berdiri sejak tahun 2017, modal awal dari desa setahu saya sekitar Rp200 juta, awal-awal Bumdes ini mengelola air bersih Pamsimas ke rumah-rumah masyarakat. Seiring waktu kegiatan usaha Bumdes dapat berkembang menjadi berbagai unit usaha," ujar Ngatar Amir Raharjo Sabtu (23/9/2023) siang.

Aktivitas di Bumdes Bimajaya. (F:ist-ANews)

Lebih jelas disampaikan Ngatar, selain bidang peternakan dan perkebunan, Bumdes Bimajaya juga berusaha di bidang perdagangan pupuk, alat tulis kantor, grosir bahan sembako, dan kendaraan otoped mobil mobilan listrik. Masing-masing bidang usaha dikelolw melalui 3 divisi, divisi 1 mengelola simpan pinjam, kredit motor dan mobil. Divisi 2 mengelola perdagangan pupuk, Pamsimas air bersih, isi ulang air minum, perkebunan, perikanan, peternakan, sarana prasarana pertanian. Divisi 3 m ngelola, grosir sembako, atk, foto copy, elektronik ( kulkas, tv, blender, hp, laptop, furniture).

Aneka kebutuhan di Bumdes Bimajaya. (F:ist-ANews)

Selanjutnya, kata Ngatar, ketiga kepala divisi bertanggung jawab kepada ketua Bumdes  terhadap kemajuan usahanya masing-masing. Seperti kegiatan perkebunan, usaha penjualan pupuk bagi masyarakat, kita menyediakan berbagai jenis pupuk sesuai permintaan masyarakat, bisa mencapai puluhan ton pupuk.

" Iya, untuk bidang perkebunan masyarakat Geringging Jaya, sudah bisa memesan pupuk di Bumdes dengan pola belanja cicilan, selama tiga bulan, terserah mereka ngicil berapa perbulan, yang penting dalam jangka waktu tiga bulan hutang belanjanya itu sudah lunas," sebut Ngatar.

Struktur Organisasi Bumdes Bimajaya. (F:ist-ANews)

Karyawan Bumdes Bimajaya kata Ngatar  saat ini berjumlah 15 orang. Kemudian aset Bumdes yang sudah dimiliki mobil L300, kebun sawit, lebih kurang 2 ha, gedung Bumdes ruko empat  pintu. Omset rata-rata harian perbulan mencapai ratusan juta rupiah.

Terakhir Ngatar Amir Raharjo menyampaikan, hasil manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat desa selain belanja dengan harga miring, Bumdes Bimajaya juga memiliki program doorprize untuk masyarakat kurang mampu, berupa bantuan sembako, bantuan beasiswa untuk siswa kurang mampu. (IYK/ANews)



Tulis Komentar