Daerah

Kompol Restia Octane Guchy Asal Pekanbaru, Raih Predikat Polsek Terbaik 2023 dari Kapolresta Barelang

Penyerahan penghargaan Polsek Terbaik diserahkan langsung oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto kepada Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy di Lapangan Apel Mapolresta Barelang, Senin (8/1/2024). (Int-ANews)

PEKANBARU (ANews) – Polsek Nongsa, Batam telah berhasil meraih predikat Polsek Terbaik periode Desember 2023 di jajaran Polresta Barelang. Sebagai Polsek Terbaik, Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy mendapat Bendera Kuning dan Ban Lengan Kuning dari Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri N di Lapangan Apel Mapolresta Barelang, Senin (8/1/2024) kemarin.

Penghargaan Polsek Terbaik oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri N, SH, SIK, MH diberikan kepada Polsek Nongsa karena mendapatkan nilai tertinggi dengan nilai 623,20 serta menerima Bendera Kuning dan Kapolseknya memakai Ban Lengan Kuning yang diberikan kepada Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy, S.E., S.I.K., M,M.

Adapun yang menjadi penilaian yakni Kegiatan Penyelesaian Perkara, Kegiatan Viralisasi Humas, Giat Patroli, Bhabinkamtibmas, Polisi RW, Kemudian jika ada Pengaduan masyarakat dalam bentuk Komplain Pelayanan Masyarakat (Dumas), ini akan mengurangi jumlah nilai menjadi Nilai ( – 2 ) Per dumas.

Siapa sebenarnya sosok Kompol Restia Octane Guchy yang merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 2010 ini?

Ternyata Kompol Restia Octane Guchy merupakan putri Riau kelahiran Pekanbaru pada tahun 1982 lalu. Ia menamatkan pendidikan SLTP dan SLTAnya di SMP dan SMA Cendana Rumbai. Kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Pancasila Jakarta pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Prodi Akuntansi. Sempat bekerja di salah satu hotel dan bank di Pekanbaru, akhirnya melanjutkan studi ke Akademi Polisi (Akpol) di Semarang tahun 2008 dan tamat 2010. Kini wanita yang akrab disapa Guchy ini sudah menamatkan kuliah S2nya dengan tambahan gelar M,M dibelakang namanya.

Meskipun terlahir bungsu dari empat bersaudara, sejak kecil wanita yang dikenal tegas di tempat dia bertugas ini tidak memperlihatkan sikap manjanya. Tidak banyak ngomong, sekali ngomong tegas. Begitu kesan yang muncul dari sosok Kompol Restia Octane Guchy sejak kecil menurut pengakuan ayahnya Huda Ilyas Simatra, yang merupakan pensiunan PT Chevron Rumbai.

" Tia (panggilannya di rumah, red) sosok anak yang ceria tapi nggak manjalah meskipun bungsu. Ngomong tak banyak tapi sekali ngomong tegas," tutur Huda Ilyas saat dikonfirmasi AmanahNews.com di Pekanbaru Selasa (9/1/2024).

Dengan prestasi Polsek Terbaik ini, Huda merasa bangga dengan keberhasilan putrinya ini, demikian pula dengan almarhumah ibundanya, Emilia Munir yang telah berpulang ke rahmatullah tahun 2023 lalu.

"Ini penghargaan ke 4 bagi Tia selama 12 tahun karirnya di jajaran Polres Barelang. Tentunya jika ibunya masih ada, akan lebih berbangga lagi dengan prestasinya tersebut," lirih Huda yang berasal dari Maninjau Sumatera Barat ini.

Sementara itu saat dikonfirmasi via WhatsApp, Kompol Restia Octane Guchy mengaku bahwa penghargaan yang telah diraihnya tersebut bukanlah menjadi target. Sebab, target yang sebenarnya adalah menjalankan sepenuhnya tugas yang diberikan kepadanya dengan baik dan sesuai prosedur yang ada.  

Kompol Restia Octane Guchy, S.E., S.I.K., M,M. (F:ist-ANews)

"Prestasi atau penghargaan adalah bonus dari kesungguhan menjalankan tugas yang diberikan. Yang penting bagaimana kita bisa menyelesaikannya dengan baik," ucapnya menjawab AmanahNews.com Selasa (9/1/2024).

Saat ditanya apa kasus yang tersulit yang selama ini ditanganinya di Batam, Kompol Guchy menyampaikan bahwa kondisi Kota Batam saat ini dalam keadaan kondusif. Riak-riak yang ada atau kasus yang ada hampir sama dengan kasus-kasus yang terjadi di daerah lainnya.

" Memang kasus yang banyak terjadi di sini (Batam, red) adalah kasus curanmor, sedangkan kasus-kasus yang lain hampir sama dengan daerah lainnya. Namun semua bisa ditangani dan suasana di Batam saat ini dalam keadaan kondusif," tuturnya.

Kompol Guchy mengatakan tentu suasana kondusif ini juga tak lepas dari peran Pemerintah Kota Batam dan warga Batam pada khususnya yang tentunya sangat ingin merasa nyaman dan aman hidup di Kota Batam.

"Ini berkat kerjasama semua pihak tentunya, tidak hanya kepolisian tapi juga pemerintah, warga dan segenap elemen masyarakat yang ingin mewujudkan Kota Batam yang kondusif," tutup Kapolsek Kompol Guchy. (RNM/ANews)

 

 

 



Tulis Komentar