Daerah

Pastikan Pemilu Lancar, Bupati Alfedri Tinjau Gudang Logistik Pemilu 2024

Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Siak Husni Merza meninjau secara langsung Gudang Logistik Pemilu 2024, di GOR Siak Sport Hall, Kecamatan Siak, Rabu (17/1/2024). (F:int-ANews)

SIAK (ANews) - Untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di Kabupaten Siak berjalan lancar, Bupati Siak Alfedri meninjau secara langsung Gudang Logistik Pemilu 2024, di Gor Siak Sport Hall, Kecamatan Siak, Rabu (17/1/2024).

"Alhamdulillah hari ini, kami bersama Wakil Bupati Siak, Kapolres Siak, Dandim 0322 Siak, dan Bawaslu Siak, meninjau secara langsung persiapan Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Siak. Seperti melihat surat suara yang telah selesai dilaksanakan, dan persiapan Logistik Pemilu 2024 lainnya", ucap Alfedri.

Alfedri menambahkan, KPU Kabupaten Siak menginformasikan bahwa surat suara yang dinyatakan rusak sekitar 0.0001%.

"Dengan jumlah surat suara yang dinyatakan rusak ini sangat sedikit, kita patut syukuri sehingga tugas dan kesiapan KPU Siak bisa berjalan lancar sampai hari ini. Semoga semua kesiapan KPU Siak yang dimulai dari surat suara, Logistik lainnya, kesiapan administrasi lainnya bisa berjalan lancar hingga hari H pemungutan suara dan perhitungan suara nantinya bisa terselenggara dengan, cepat, lancar ", harap Bupati Siak tersebut.

Selain itu, dengan adanya bantuan pengamanan dari Polri, TNI dan pengamanan dari KPU, menjadi perhatian. Sehingga keamanan pada saat pelaksanaan aktivitas dan kegiatan-kegiatan menjelang pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Siak terayomi dan terlindungi dengan baik.

"Nantinya Logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Siak, seperti surat suara, bilik suara, dan logistik lainnya, akan didistribusikan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di 131 Kampung / Kelurahan se-Kabupaten Siak", ujarnya.

Untuk mewujudkan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Siak yang Aman, Lancar dan Damai. Bupati Siak Alfedri menghimbau kepada masyarakat atau peserta yang mengikuti Pemilu 2024 agar mengikuti dengan damai, kondusif, tanpa adanya perselisihan.

"Saya menghimbau kepada masyarakat ataupun peserta Pemilu 2024 baik Pilpres maupun Pileg, ikutilah dengan situasi yang damai, kondusif, tanpa adanya perselisihan. Mari kita berdewasa dalam berpolitik karena ini Pemilu yang sudah dilaksanakan beberapa kali di Kabupaten Siak dan alhamdulillah berjalan baik dan lancar. Tentunya harapan kita bersama Pemilu tahun 2024 ini juga berjalan damai, baik, lancar dan berkualitas di Kabupaten Siak", pinta Bupati Alfedri.

Ketua KPU Kabupaten Siak Ahmad Rizal menjelaskan bahwa Surat Suara untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Siak telah selesai dilakukan.

"Setelah melaksanakan pelipatan dan juga sortir surat suara oleh 260 orang selama 7 hari, sebanyak 1.644.900 surat suara telah selesai dilakukan, yang terdiri dari 5 pemilihan yakni Presiden dan Wakil Presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRD Kabupaten Siak sebanyak 4 Dapil", jelas Admad Rizal.

Dari 1.644.900 surat suara tersebut, terdapat 981 surat suara yang rusak disebabkan karena sobek/koyak serta adanya bercak tinta pada surat suara. Dengan rincian DPRD Provinsi Riau dapil 6 sebanyak 601 lembar, DPD RI sebanyak 112 lembar, DPR RI dapil Riau 1 sebanyak 101 lembar, Presiden dan Wakil Presiden RI sebanyak 45 lembar, DPRD Siak dapil Siak 1 sebanyak 39 lembar, dapil Siak 2 sebanyak 35 lembar, dapil Siak 3 sebanyak 20 lembar, dan dapil siak 4 sebanyak 28 lembar.

"Saat ini kami sedang melaksanakan penyesuaian dan penyusunan surat suara untuk setiap TPS di Kabupaten Siak", kata Ketua KPU Kabupaten Siak.

Peninjau Gudang Logistik Pemilu 2024 untuk di Kabupaten Siak tersebut, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza, Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi, dan Dandim 0322 Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho. (*/rls)



Tulis Komentar