Daerah

Silaturahmi Syawal IKKM Pekanbaru Dukung Percepatan Pemekaran Kecamatan Kuantan Mudik dan Sepakat Indra Sukma Ketum Periode 2024 -2028

Silaturahmi Syawal Ikatan Keluarga Kuantan Mudik (IKKM) Pekanbaru dihadiri warga Kuantan Mudik Kuansing yang berdomisili di Pekanbaru dengan semangat pemekaran Kecamatan Lubuk Jambi Mudik dan penggantian ketum baru Indra Sukma, SH. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Ikatan Keluarga Kuantan Mudik Pekanbaru menggelar acara Silaturahmi Syawal untuk semua warga IKKM yang tinggal di Pekanbaru. Kegiatan dilaksanakan Rabu (1/5/2024) di Aula kampus UMRI Lantai 3, Pekanbaru.

Acara ini dihadiri oleh tokoh tokoh masyarakat Kuantan Mudik. Prof. Dr. Rasoel Hamidi.MS, Prof. Hauzar, Dr. Yusri Rasul, Drs. Syafriyus, Dr. Fikri Idris,. Anggota dewan Pekanbaru Indra Sukma. SH dan ketua DOB Kualupura  H.Syarianto.Se. S.Psi.M.Si. Tokoh perempuan Kuantan Mudik Prof. Dr. Evi Suryawati.M.Pd,; Dr. Yusnimaulida, SE, MSi,; Eli Wardani , SH, MH dan Dra.Hafni Ma'rifat, dan lainnya. Turut hadir Bendara Umum IKKS yang mewakili ketua IKKS Pekanbaru, Sadrianto Maddari.

Camat Kuantan Mudik Denta Maryion.S.Sos yang hadir memberikan kata sambutannya.Sebagai sebagai anak jati Lubuk Jambi dari Koto Lubuk Jambi, ia merasakan pentingnya menjaga tali silahturahmi untuk menjaga dan memperkuat hubungan. "Maka saya usahakan datang walaupun tadi malam selesai Malayu Jalur di kampung sampai jam 2 pagi," ucapnya.

Kemudian beliau menjelaskan Perkembangan dan informasi dari kampung tentang Daerah otonomi Baru (DOB) Kualupura yang sekarang sudah di Balegnas Draf undang undang dan naskah akademiknya. Pada saat ini masih ada 4 kecamatan yang mendukung (Kuantan Mudik, Hulu Kuantan, Gunung Toar dan Pucuk Rantau.

Oleh karena itu perlu dukungan dan bantuan dari tokoh masyarakat untuk percepatan pembentukan pemekaran Kecamatan Kuantan Mudik yang terdiri dari 24 desa akan dimekarkan menjadi 1 Kecamatan Lubuk Jambi Mudik. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa, yakni: Desa Kinali, Aurduri, Bukit Kauman, Sungai Manau, Saik, Pebaun Hulu, Pebauan Hilir, Seberang Pantai dan Pulau Binjai.

"Dengan rencana ibu kota di Bukit Kauman atau Pebaun. Sekarang lagi disiapkan pembebasan lahan untuk ibu kotanya," ungkap  Denta Maryion.

Beliau juga menjelaskan bahwa orang Kuantan Mudik mempunyai sumberdaya yang unggul. "Banyak orang kita adalah orang orang hebat dipemerintahan. Mari awak basamo samo untuk membangun kampuang," ujarnya bersemangat.

Ketua IKKM Ir. Yusman Yusuf. MT sangat mengapresiasi kegiatan Halal Bihalal IKKM tahun ini yang dihadiri oleh banyak warga Kuantan Mudik sehingga aula UMRI penuh. Ini menandakan bahwa seluruh warga Kuantan Mudik rindu dan memiliki kesadaran yang kuat untuk bersilaturahmi. Oleh karena itu ketua IKKM mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu kesuksesan acara ini yang disiapkan dalam waktu yang singkat.

Kemudian hadirin diberikan siraman rohani dari Ustad. Dr. Santoso.S.S.,M.Si. Dalam ceramahnya ustadz Santoso menjelaskan tentang pentingnya sebuah silaturahmi dalam kehidupan kita sebagai hamba Allah.

"Pada prinsipnya kehidupan kita menjalankan sebuah ibadah hubungan dengal Allah dan hubungan antar sesama. Maka salah satu bentuk ketakwaan adalah menjaga hubungan silaturahmi antar sesama. Sebab dengan silaturahmi akan memperjang umur, rezeki dan keberkahan.," dalam isi ceramahnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Kuantan Mudik Prof.Dr.Ir. Rasoel Hamidy.MS menegaskan sebagaimana dalam sambutan Ketua IKKM bahwa kepengurusan IKKM sudah berakhir bulan Januari lalu. Sehingga dipandang perlu ditetapkan kepengurusan yang baru. Diapun menanyakan kepada hadirin apakah dilakukan secara aklmasi atau musyawarah pemilihannya.

Ir. Januaris.MT mengusulkan kepengurusan yang lalu dilanjutkan saja sebab sudah terbukti berhasil. Akan tetapi Prof. Rasoel menjelaskan bahwa Yusman Yusuf mendapat amanah sebagai Sekretaris Umum MUI Provinsi Riau dari MUI Pusat dan ini pekerjaan besar, sehingga perlu digantikan dengan kepengurusan yang baru.

Maka semua sepakat agar diusulkan musyawarah saja dan akhirnya anggota forum menyepakati mufakat bulat dengan menetapkan Indra Sukma, SH sebagai Ketua Umum IKKM Periode 2024 -2028. Hasil rapat memberikan waktu 1 bulan untuk melengkapi perangkat kepengurusannya.

Acara Halal Bihalal ini ditutup dengan makan bersama dan ramah tamah dan salam-salaman. (*/RNM)



Tulis Komentar