Daerah

Kuansing Juara Umum Petangue Piala Rektor UIR Series I Tahun 2024

Atlet Petangue Kuansing juara umum piala Rektor UIR di Pekanbaru. (F:RBI/ANews)

TELUK KUANTAN (ANews) - Kontingen Petangue Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) berhasil meraih juara umum pada Kejuaraan Piala Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Series I tahun 2024. 

Atlet Petangue Kuansing berhasil meraih 4 medali emas, satu perak dan 5 medali perunggu. Kejuaraan tersebut digelar 4-7 Juli 2024. 

"Alhamdulillah atlet petangue kita juara umum di kejuaraan piala Rektor UIR series I tahun 2024 di Pekanbaru," ujar Ketua KONI Kuansing, Andi Cahyadi, Senin (8/7/2024) kemarin. 

Ketua KONI Kuansing Andi Cahyadi mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih atlet Petangue Kuansing. 

"Saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih, tentunya ini menjadi kebanggaan bagi kita semua," ucap pria yang akrab disapa Aheng ini.

Dikutip dari laman decathlom.co.id, olahraga Petanque adalah permainan yang melibatkan lemparan bola besi yang ditujukan sedekat mungkin dengan bola kayu yang menjadi sasaran. Biasanya dimainkan di lapangan berukuran 4 meter x 15 meter, petanque dapat dilakukan di berbagai permukaan seperti tanah keras, kerikil, batu, pasir, atau rumput.

Asal usul olahraga ini berasal dari Prancis pada abad ke-19. "Petanque" berasal dari kata dalam bahasa Prancis, "pieds tanqués," yang secara harfiah berarti "kaki rapat" atau "kaki tertanam." Istilah ini merujuk pada cara bermain di mana pemain harus tetap berdiri di tempat dan menempatkan kakinya rapat di tanah saat melempar bola, sesuatu yang berbeda dari versi lainnya seperti bola volly.

Pada awalnya, olahraga petanque dimainkan dengan bola logam atau batu, kemudian berkembang menjadi bola besi seperti yang digunakan saat ini. Permainan ini awalnya lebih populer di kalangan pekerja dan orang-orang dari kelas pekerja di Prancis, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. (RBI/ANews) 



Tulis Komentar