Angkutan Sungai

Kayu Akasia di Kapal Tongkang Terbakar di Sungai Siak

Kayu akasia di atas kapal tongkang yang terbakar di Sungai Siak, Rabu (10/6). Pic. Antara/ANews

Siak Sri Indrapura (ANews) - Peristiwa kebakaran yang menimpa muatan kapal tongkang yang memuat kayu akasia di Sungai Siak, tepatnya di Desa Rawang Air Putih, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, terjadi Rabu (10/06/2020) siang.

Api tampak berkobar pada bagian belakang kapal yang bergerak menuju arah Perawang, Siak. Hingga beberapa jam kemudian kobaran api masih tampak membesar dan upaya pemadaman masih dilakukan oleh pihak terkait.

Berdasarkan pantauan awak media, tampak sebuah Helikopter Bom Air dari Sinarmas turut memadamkan kebakaran kayu tanaman industri tersebut. Selain itu juga terlihat tim pemadam kebakaran dari Kabupaten Siak dan tim pemadam dari perusahaan dari tepi Sungai Siak.

Sementara pihak kepolisian dan TNI juga terlihat di lokasi bersama ratusan warga yang menyaksikan kebakaran tersebut. Api terlihat sulit dipadamkan dan terus membara pada kayu-kayu tersebut.

Helikopter Bom Air Sinarmas mengambil air dari Sungai Siak lalu menumpahkannya ke sumber api. Namun kondisi angin kencang seperti membuat api terus ada meskipun masih tetap pada bagian belakang kapal.

Belum diketahui persis ini kapal dari perusahaan mana, tapi yang jelas memang Sungai Siak menjadi jalur lintas kapal-perusahaan. Di antaranya yang beroperasi di Kabupaten Siak Perusahaan HTI PT Arara Abadi dengan Pabriknya PT Indah Kiat Pulp and Paper keduanya Grup Sinarmas.

Sementara kebakaran terus terjadi, kayu-kayu akasia itu juga terlempar satu-satu ke sungai. Warga masyarakat masih ramai menyaksikan proses pemadaman yang berlangsung sengit. ZET



Tulis Komentar