Update Covid-19

44 Persen Kabupaten/Kota di Indonesia Kini Berstatus Zona Aman Corona

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Pic CNN Indonesia/ANews

Jakarta (ANews) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut 44 persen kabupaten/kota di Indonesia aman dari virus corona karena masuk kategori zona hijau dan kuning. Zona hijau merupakan zona bebas corona, sementara zona kuning cenderung memiliki risiko rendah. 

"Hasil yang kita lihat sekarang ada 44 persen dari 514 kabupaten/kota yang statusnya risiko rendah dan aman yaitu warna kuning dan hijau," ujar Doni saat menyampaikan paparan di hadapan Presiden Joko Widodo di gedung BNPB, Jakarta, Rabu (10/6). 

Doni mengatakan, zona hijau dan kuning ini menunjukkan kesiapan daerah untuk membuka kembali aktivitasnya. Meski demikian, menurut Doni, sektor pendidikan menjadi yang terakhir untuk dibuka. Pasalnya, risiko di sektor tersebut masih cukup tinggi.

"Adapun pendidikan karena risikonya tinggi adalah bagian terakhir yang kita nantinya jadikan sebagai program presiden," katanya.

Sementara untuk daerah yang masih termasuk zona merah, ia memastikan gugus tugas akan terus mengawal. Ia menegaskan pemerintah akan berupaya mempertahankan masyarakat yang sehat dan menyembuhkan yang sakit sebagaimana perintah Presiden Jokowi.

"Ada beberapa daerah meningkat kasusnya tapi  kita yakin pembagian tugas antara pusat dan daerah sudah semakin baik. Dan sesuai perintah bapak presiden daerah-daerah yang relatif berisiko tinggi tetap kami kawal," ucapnya. 

1.241 Kasus Baru

Indonesia kembali mencatatkan penambahan kasus harian tertinggi Covid-19 dalam sehari, berdasarkan data yang diumumkan pemerintah pada Rabu (10/6/2020). Dalam 24 jam terakhir, tercatat ada penambahan 1.241 pasien positif Covid-19. 

Angka ini merupakan jumlah kasus baru tertinggi dalam sehari, sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020. Dengan penambahan tersebut, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengungkapkan, total ada 34.316 kasus Covid-19 di Tanah Air. 

"Kita dapatkan konfirmasi kasus baru positif sebanyak 1.241 orang sehingga menjadi 34.316 orang," kata Yuri dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Rabu sore. 
Penambahan 1.241 kasus baru ini merupakan hasil pemeriksaan dari 17.757 spesimen dalam sehari. Tambahan kasus tertinggi sebelumnya yakni 1.043 kasus. ZET



Tulis Komentar