Pandemi Covid-19

Naik Pesawat Kini Simple, Hanya Perlu Tunjukkan Hasil Tes PCR

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. (Pic.HmsPemprov/ANews)

Jakarta (ANews) - Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, saat ini perjalanan menggunakan pesawat terbang sudah lebih mudah jika dibandingkan saat masa awal wabah Covid-19 terjadi di Indonesia. 

Menurut Agus, masyarakat yang bepergian menggunakan pesawat terbang cukup menunjukkan hasil tes PCR dan tiket saat berada di bandara. 

"Saat ini sudah sangat simple untuk masuk ke bandara. Hanya (membawa) PCR saja dan tiket (pesawat). Intinya hanya itu saja dan insya Allah sudah aman," ujar Agus dalam talkshow daring yang digelar Satgas Penanganan Covid-19, Senin (27/7/2020). 

Kondisi ini, menurut dia seperti dilansir dari Kompas.com, berbeda jauh dari saat awal pandemi. 

Menurut Agus, saat itu peraturan untuk bepergian dengan pesawat terbang memiliki aturan yang berbeda-beda untuk setiap daerah. 

"Misalnya di DKI Jakarta ada SIKM, tetapi kan satuan tugas yang menangani hal-hal demikian telah dibubarkan pada 14 Juli 2020. Sehingga praktis saat ini masuk bandara sudah lebih mudah," tuturnya. 

Agus menegaskan, di dalam bandara, pihaknya memastikan keamanan mayarakat dari potensi tertular Covid-19. Sementara itu, di dalam pesawat pun sudah dilengkapi teknologi filter udara untuk meminimalisasi potensi penularan. 

Pihaknya menyebut akan memulai kampanye keselamatan bepergian (save travel campaign) untuk masyarakat. Dalam kampanye itu, pihaknya menekankan bahwa terbang ke mana pun saat ini sudah relatif aman. 

"Kami ingin sampaikan kepada masyarakat bahwa terbang terbang melalui Bandara Soekarno-Hatta kami jamin keamanannya," tuturnya. 

"Baik dari taksi, kendaraan umum, hingga ke pesawat kami jamin aman. Di pesawat kami jamin higienis. Protokol kesehatan dan disinfeksi kami lakukan setiap hari," tegasnya. (ZET)

#pandemicovid-19

#harianamanahnews

#pekanbaru riau



Tulis Komentar