Daerah

Bhakti Sosial RS Apung Layani Pasien Umum dan Bedah Minor

RS Apung Nusa Waluya II. (antara/ANews)

Pekanbaru (ANews) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mengizinkan pengelola Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II milik Yayasan Dokter Peduli untuk melakukan bhakti sosial di wilayah itu beberapa bulan ke depan namun sejauh ini hanya untuk layanan umum dan bedah minor.

"Untuk operasional sendiri sejauh ini belum bisa karena harus melengkapi ijin atau rekomnya yang belum ada," kata Pelaksana harian Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Kamis.

Zaini Rizaldy mengatakan, nantinya kalau RS Apung sudah beroperasi warga akan dilayani gratis tidak dipungut biaya. Sedangkan jenis penyakit yang akan diobati adalah umum dan bedah minor atau kecil.

Sementara itu Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan mengatakan sudah melakukan pertemuan dengan tim RS Apung Kamis (24/9) membahasbeberapa surat ijin dan dukungan stake holder terkait.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Apung terkait bakti sosial dari dokter yang peduli terkait surat permohonan dukungan," kata Azwan.

Adapun beberapa dukungan yang dimintakan dari Pemko Pekanbaru yakni dukungan tenaga medis, dukungan bahan bakar minyak (BBM), dukungan agar dalam operasional nanti dapat dibantu tenda pleton yang akan berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial. Kemudian dukungan air bersih yang dikoordinasikan dengan Damkar.

"Mereka memerlukan rekomendasi minyak subsidi dan itu sudah diurus oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau yang berkoordinasi dengan Kota Pekanbaru," katanya.

Terkait limbah medis dan kebersihan, kata Azwan, akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setmpat.Sedangkan untuk keamanan dalam operasional nanti, Pemko akan menyurati kepolisian dan Satpol PP Pekanbaru.

"Intinya adalah bagaimana Rumah Sakit Apung ini beroperasi maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Pekanbaru," katanya.**



Tulis Komentar