Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Rokan Hilir Kembangkan Populasi Peternak Tahun 2021

Salah satu kelompok peternak produktif di Rokan Hilir. (LEK/ANews)

Rokan Hilir (ANews) - Untuk mendongkrak ekonomi masyarakat ditengah pandemi covid 19, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir  (Rohil) Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Bidang Peternakan telah merencanakan program Pengembangan Populasi Peternak" pada tahun 2021 mendatang.

"Untuk mendongkrak ekonomi masyarakat dibidang peternakan, ke depannya kami telah merencanakan tahun 2021 pada pengembangan potensi peternakan," ucap Kabid Peternakan Rohil, Yunisman kepada AmanahNews, Sabtu (24/10/2020).

Ia mengatakan, baru baru ini bantuan telah disalurkan sekitar bulan oktober, pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada enam kelompok peternakan tersebar dibeberapa kecamatan di Rohil.

"Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dibidang peternakan pada tahun 2019 telah menyalurkan bantuan hewan jenis sapi kepada enam kelompok peternak dibeberapa daerah," Jelasnya.

Adapun kelompok ternak yang menerima itu, dikatakannya seperti di daerah kecamatan Bagan Sinembah, Tanjung Medan, Bangko Pusako, dan Pekaitan. 

Selain sapi yang disalurkan kepada kelompok ternak, Yunisman juga menambahkan, jenis obat obatan juga disalurkan kepada kelompok ternak untuk menjaga agar hewan tersebut terhindar dari segala penyakit.

"Selain bantuan sapi untuk meningkatkan populasi juga dilakukan mempercepat kebuntingan dengan cara inseminasi buatan (kawin suntik)  untuk memperoleh pedet (anak sapi)  yang bagus dan mempercepat kelahiran," jelasnya.

Selain itu untuk kesehatan hewan, sambungnya, "kami juga melaksanakan pelayanan kesehatan hewan selain pengobatan rutin juga diadakan vaksinasi rabies secara gratis dilaksanakan pada hari rabies sedunia tanggal 28 september 2020 di kecamatan yang  populasi tinggi HPR (hewan perantara rabies)," kata Yunisman.

Mengenai kebutuhan daging, Sejauh ini tingkat kebutuhan daging sapi di kabupaten Rokan Hilir, sudah cukup baik, karena keseriusan para peternak dan juga di bawah pengawasan pihaknya sendiri, dengan begitu, Ia berharap kedepannya para peternak khususnya peternak sapi bisa lebih baik dan berhasil dalam membudidayakan ternaknya," harapnya. (LEK)



Tulis Komentar