Nasional

Vaksinasi Corona Dipastikan Minggu Depan Masyarakat Diingatkan Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Anggota Brimob berjaga disamping truk berisi vaksin COVID-19 Sinovac saat tiba di gudang vaksin (cold room) Dinas Kesehatan di Palembang. (Foto: Antara)

Jakarta (ANews) - Vaksinasi corona akan segera dimulai minggu depan atau pada pekan kedua Januari 2021. Walaupun vaksinasi segera dilakukan, namun pemerintah terus mengampanyekan agar masyarakat terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, rencana vaksinasi beriringan dengan protokol corona. 

"Presiden berharap kegiatan vaksinasi dan kedisiplinan masyarakat harus berjalan seiring karena seluruhnya itu dengan vaksinasi tetap kedisiplinan masyarakat tetap dijaga," kata Airlangga dalam konferensi persnya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dilansir dari Kumparan.com, Senin (4/1/2021). 

Hal itu karena rencana vaksinasi butuh waktu secara berkelanjutan. Tidak bisa dikerjakan dalam satu waktu. Apalagi, jika memvaksin ratusan juta penduduk Indonesia di berbagai wilayah. 
 
Sehingga, sudah seharusnya menerapkan protokol kesehatan demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. 

"Karena tentunya vaksinasi untuk 182 juta penduduk itu memerlukan waktu yang sudah disampaikan oleh pak Menteri Kesehatan dan tentu diharapkan vaksinasi ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat namun tidak boleh melupakan kedisiplinan," ujarnya.  

"Dengan vaksinasi disiplin tetap perlu, karena COVID ini masih ada di global. Jadi pandemi global ini belum berakhir," tambahnya.  

Kedisiplinan penerapan protokol yang dimaksud yaitu memakai masker, menjauhi kerumunan, hingga mencuci tangan dengan sabun.  

Sementara, rencana untuk program vaksinasi nanti bakal menggunakan vaksin jenis Sinovac, AstraZeneca, Pfizer hingga Novavax. (*/ZET)



Tulis Komentar