Daerah

Lahan Terbakar di Beberapa Daerah, BPBD Paparkan Data Karhutla dalam Rapat Koordinasi Siaga Karhutla

Foto Bersama oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam Rapat Koordinasi Siaga Karhutla. (F:SAL/ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Guna mengantisipasi kebakaran yang meluas, Pemerintah Provinsi Riau menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 

Rapat yang dilakukan pada Senin (15/2/2021) dihadiri oleh Gubernur Riau. Rapat ini dilakukan di Gedung Daerah Balai Serindit dan secara virtual. 

Dalam data yang dipaparkan oleh Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, selama awal tahun 2021 hingga 13 Februari telah terdeteksi beberapa beberapa kejadian Karhutla di Kabupaten Kota Provinsi Riau. 

Kabupaten Kota yang terkena dampak ini ialah, Kabupaten Siak 33 Ha, Bengkalis 17,7 Ha , Rokan Hilir 5 Ha dan Dumai 0, 01 Ha. Sementara Kabupaten Kota yang memasuki musim kemarau, Meranti, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, Indragiri Hilir, Rokan Hilir dan Dumai.

Luas lahan yang terbakar di Provinsi Riau sampai 13 Februari, terdeteksi 55,71 Ha, sebanyak 45 titik. 

Mengingat sudah ada dua Kabupaten Kota yang berstatus siaga, Pemprov Riau menetapkan status siaga di Riau terhitung pada Kamis 15 Februari - 31 Oktober 2021. 

Edwar mengatakan, "Kami berharap kebijakan strategis ini dapat dilakukan secara optimal dalam pelaksanaan status siaga karhutla pada tahun 2021 ini."

Ia juga mengatakan ini adalah langkah awal dalam pencegahan kebakaran hutan dan Lahan di Riau agar tidak semakin meluas. (SAL)



Tulis Komentar