Pendidikan

Sebagai Ketua IKA Unri Terpilih, Suhu Wan Muhammad Hasyim Siap Bawa Alumni Berperanserta Bangun Unri Jadi Kampus Terdepan

Ketua IKA Unri priode 2021-2025 Wan Muhammad Hasyim 'Suhu Wan'. (Ft.Ist-ANews)

PEKANBARU (ANEWS)  - Eforia Kongres Ikatan Keluarga Alumni  Universitas Riau (IKA Unri) kini sudah berakhir dengan terpilihnya Pengusaha Nasional Wan Muhammad Hasyim yang akrab disapa Suhu Wan, menakhodai organisasi yang diisi sekitar 109.000 lebih alumni dari perguruan tinggi negeri di Pekanbaru tersebut untuk priode 2021-2025 mendatang.

"Tidak ada lagi kubu-kubuan yang memang sempat mencuat jelang Kongres IKA Unri yang lalu. Pada saat ini dan ke depan, kita para alumni Unri harus bersatu padu menggerakkan kiprah organisasi IKA Unri bersama civitas akademika guna mewujudkan Unri menjadi salah satu kampus unggulan atau favorit bagi para calon mahasiswa di masa datang," ujar Ketua IKA Unri terpilih Suhu Wan, ketika berbincang dengan Redaksi Amanah News di Pekanbaru, Selasa petang (8/6/2021).

Sebagai alumni Unri yang memiliki back round dunia usaha, Suhu Wan menganalogkan satu perguruan tinggi dengan mall atau supermarket yang sekarang tampak kian menjamur di tengah-tengah masyarakat.

"Bagi saya, contohnya sederhana saja. Ada mall atau supermarket yang pengunjungnya ramai, membludak. Namun di sisi lain ada mall yang sepi pengunjung, bahkan satu persatu gerai yang ada mulai tutup. Padahal, barang yang dijual jenis dan kualitasnya sama, fasilitasnya pun sama berpendingin udara dan parkir yang memadai. Lalu kenapa sepi? Pastilah ada sesuatu yang salah," ungkap Suhu Wan yang putera Kuantan Singingi kelahiran Baserah tersebut.

Diakuinya, boleh diperdebatkan, boleh percaya atau tidak hal yang mirip-mirip itu juga dialami oleh berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Tanah Air. Sebab, faktanya ada PT yang favorit, PT unggulan yang diminati banyak pelamar dan ada juga PT yang sepi peminat. Padahal, fasilitas kampus sama, memiliki tenaga pengajar yang berkualifikasi Strata 2, Strata 3 bahkan bertabur Guru Besar.

Terkait dengan itulah, tambah Suhu Wan, Ia optimistis Unri sebagai salah satu PTN di Sumatera akan bisa dibangun menjadi PTN favorit dan unggulan. Karena Unri memiliki area kampus yang representatif, fakultas atau jurusan yang sudah terakreditasi dengan tenaga pengajar yang berkualifikasi.

"Sekarang itu bagaimana bisa membangkitkan semua potensi di Unri termasuk civitas akademika, para alumni dan masyarakat Riau sendiri, sehingga dapat bersinergi guna mewujudkan dan membangun Unri menjadi PTN pilihan atau unggulan di masa depan. Di sinilah kita para alumni untuk berkiprah, sehingga IKA Unri ke depan kita harapkan punya kontribusi nyata ke almamater dan 'hiruk pikuknya' tak semata ketika Kongres IKA saja," tegas owner yang sukses membesarkan ratusan gerai alat tulis 'IdolMart' itu.

Selain kiprah mulia mewujudkan Unri jadi Kampus Unggulan dan Pilihan di masa datang, Suhu Wan menegaskan pula bahwa program lain yang juga jadi terobosan adalah membangun dan menggerakkan kewirausahaan di kalangan keluarga besar Unri terutama bagi para alumni, civitas akademika dan masyarakat.

Begitu Kongres IKA Unri usai dan dirinya terpilih sebgai Ketua Umum IKA Unri empat tahun ke depan, Suhu Wan mengaku ia bersama anggota Tim Formatur yang lain akan segera merampungkan susunan pengurus IKA Unri yang baru dengan mengakomodir semua potensi alumni.

Selain itu, Suhu Wan mengaku ia juga melakukan safari silaturahmi dengan para pendiri dan para mantan Ketua IKA Unri. Tujuannya adalah agar silaturahmi dan kesinambungan tetap terjalin di kalangan IKA Unri sejak dulu sampai saat ini dan masa yang akan datang. (ZET)



Tulis Komentar