Daerah

Plt Bupati Kuansing Hadiri Safari Ramadhan Pemda Kuansing yang Terakhir di Masjid Aljihad Desa Koto Taluk Kuantan

Plt Bupati Kuansing Drs.H Suhardiman Amby. (F:IYK/ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) - Safari ramadhan Pemda Kuantan Singingi di Mesjid Aljihad  Desa Koto Taluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi menjadi kegiatan  penutup safari ramadhan  yang dilaksanakan oleh Pemda Kuansing Kamis (21/4/2023) malam.

Usai berbuka puasa bersama, Plt Bupati Kuansing Drs.H Suhardiman Amby beserta rombongan melaksanakan sholat isya, tarawih dan witir berjamaah dan dilanjutkan ceramah agama. Pada kesempatan itu, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby juga menyerahkan bantuan untuk mesjid Aljihad sebesar Rp10 juta, serta diiringi dengan bantuan dari BAZNAS Kuansing kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 10 paket  sembako.

Dalam sambutannya, Suhardiman Amby yang  menyandang  gelar Datuk Panglimo Dalam menyampaikan program- program pemerintah daerah, kaitannya untuk mendorong pertumbuhan usaha masyarakat kecil dan menengah (UMKM). Salah satu sektor yang di lirik oleh Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby adalah potensi desa koto untuk dijadikan sentra industri konveksi. 

" Saat ini, ada program pemerintah Kredit Usaha Rakyat sekitar Rp16 miliar, diharapkan  dapat mendongkrak  pertumbuhan sektor UMKM. Oleh karena itu saya berharap, pelaku usaha yang berasal dari desa koto dapat menangkap peluang itu, saya juga sudah sampaikan kepada PJ kades koto untuk mengkaji bagaimana desa koto dapat dijadikan sentra industri konveksi masa depan," ujar Suhardiman Amby Datuk Panglimo dalam.

Dikatakan Suhardiman Amby, melirik kondisi geografis desa koto berbeda dengan desa - desa lain, karena desa koto Taluk Kuantan berada di pusat kota Taluk Kuantan, sehingga lahan pertanian dan Perkebunan, terbilang minim dibanding desa desa lain. Untuk kata Suhardiman, potensi UMKM sangat cocok untuk dikembangkan di desa koto ini, seperti usaha industri konveksi, kuliner dan lainnya.

 

Ditempat yang sama Pj Kepala Desa Koto Taluk Kuantan Endripon,S.Pd mengucapkan selamat datang kepada Plt Bupati Kuansing Drs.H Suhardiman Amby beserta rombongan di desa Koto Taluk Kuantan.

 Disampaikannya, kedatangan Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby beserta rombongan pada acara safari ramadhan ini, kiranya dapat menjadi ajang komunikasi masyarakat koto dengan Pemimpin daerah saat ini. Ada kesempatan untuk menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Plt Bupati Kuansing, harapannya mudah mudahan akan dapat terealisasi dengan baik. 

Ada beberapa aspirasi masyarakat Koto  yang kami catat diantaranya, perbaikan box culver samping mesjid Aljihad yang ambruk beberapa waktu lalu, kemudian ada aspirasi normalisasi sungai di dusun Tobek Panjang, Pembangunan parkir lokasi Mesjid Al-Jihad, Pemberdayaan seperti pelatihan ekonomi produktif dan ekonomi kreatif (UMKM),” Ungkap Endripon.

Turut hadir pada acara tersebut Waka II DPRD Kuansing Juprizal, Anggota DPRD Kuansing Gusmir Indra, Penasehat Ahli Aherson , Forkopimcam, beberapa kepala OPD, Ninik Mamak, Tokoh Adat dan ratusan masyarakat setempat. (IYK/ANews)



Tulis Komentar