Daerah

Longsor Terjadi di Kelok 17 Koto Alam, Arus Lalulintas Sumbar-Riau Terputus

Material longsor menutupi ruas jalan di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota (F:mcr-ANews).

PEKANBARU (ANews) - Bencana longsor terjadi di Jalan Lintas Sumatera Barat (Sumbar) - Riau, tepatnya di Kelok 17 Koto Alam, Kabupaten Lima Puluh Kota, Senin (18/12/2023) sekitar pukul 06.30 WIB. Akibatnya lalu-lintas Sumbar Riau menjadi terputus.

"Iya, kami baru mendapat laporan jika terjadi bencana longsor di Jalan Lintas Sumbar-Riau tepatnya di Kelok 17 Koto Alam pada pagi tadi," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Senin (18/12/2023) seperti dilansir dari laman mediacenterriau.go.id.

Dikatakan, longsor terjadi karena intensitas curah hujan di wilayah setempat cukup tinggi dari tadi malam, sehingga mengakibatkan tebing dan bukit di tepi jalan Kelok 17  Jalan Lintas Sumbar-Riau longsor.

"Dampak yang ditimbulkan akibat bencana ini putusnya akses jalan dari Kabupaten Lima Puluh Kota menuju arah Pangkalan, tepatnya terputusnya akses jalan Sumbar menuju Riau," jelasnya.

Atas kejadian itu, Edy Afrizal mengimbau kepada masyarakat Riau untuk lebih hati-hati dan waspada jika melakukan perjalanan ke Sumbar.

"Untuk warga Riau kami imbau agar waspada jika melakukan aktivitas perjalanan arah Sumbar, karena kondisi cuaca curah hujan cukup tinggi, sehingga rentan terjadi longsor dan banjir dalam rangka liburan Nataru," ujarnya.

"Kami juga menyarankan jika masyarakat yang melakukan perjalanan hendaknya untuk memantau perkembangan dan informasi cuaca dan bencana di instansi pemerintah, seperti BMKG dan lainnya," pesannya. (*/ANews)

 



Tulis Komentar