Politik

Minggu Tenang, Alat Peraga Kampanye dan Temuan di Meranti Ditindak

Salah satu acara rapat koordinasi Bawaslu Kepulauan Meranti. (THZ/ANews)

Meranti (ANews) - Rapat koordinasi sekaligus penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti dengan slogan bersama rakyat awasi pemilu bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tegakkan keadilan pemilu.

"Kami harapkan koordinasi sekaligus penertiban Alat Peraga Kampanye ini, harus saling mendukung baik dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri di masa hari tenang, seperti poster , baleho dan hal yang di temukan di lapangan seperti di kedai kopi dan posko di luar ruangan dan tempat atribut di luar ruangan kita tertibkan," kata Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsulrizal, Ahad (6/12/2020).

Ia mengatakan bahwa , yang ditempelkan di kedai kopi seperti alat peraga kampanye kita tertibkan. Namun untuk bendera partai kita tidak tertibkan, karena tidak ada nomor urut calon. Itu semua sesuai mekanisme di lapangan dan arahan satpol PP dan pihak polres.

"Kita mau kegiatan ini pemilu berjalan dengan lancar, sampai Pelaksaan nantinya dengan situasi kondusif dengan melakukan tindakan susuai aturan-aturan yang berlaku," ungkap Syamsulrizal.

Hal yang sama juga di sampaikan Kapolres Kepulauan Meranti Meranti AKBP Wimpiyanto, menjelaskan bahwa dengan kita akan menurunkan beberapa alat peraga kampanye pada hari ini, tentunya harus terciptanya suatu yang kondusif.

"Kita saling berkerja bersama sama dengan Satpol PP, TNI serta pihak Banwaslu, KPU Kepulauan Meranti dalam melakukan penertiban dan semoga kegiatan kita aman nyaman dan lancar lalu tidak ada yang melanggar undang- undang Bawaslu, kalau ada pelanggan Bawaslu yang melaporkan," kata Wimpiyanto.

Menurut Wimpiyanto, tentunya bersama seluruh elemen terkait, dengan ketentuan yang ada yang melanggar aturan yang ada tentunya di tindak. 

"Tentunya kita inginkan hal - hal yang tidak di inginkan terjadi saat melakukan penertiban alat peraga kampanye hari ini, di saat Minggu tenang dan Pelaksaan Pilkada nantiknya," beber Wimpiyanto.

Ia berharap, agar kita bersama sama saling berkerja sama, dalam menciptakan suasana Kantibmas dengan kondusif, nantinya. 

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Helfandi, Sos Msi mengatakan bahwa, dalam memasuki Minggu tenang dan memasuki pesta demokrasi 9 Desember 2020 nantinya penertiban alat peraga kampanye harus di lakukan dengan kondusif wilayah Kepulauan Meranti, Riau.

"Kita dari Sat Pol PP telah mempersiapkan penertiban alat peraga kampanye (APK) dan kita harapkan dalam Penertiban tentu harus bersinergi bersama peran pemerintah daerah dengan intansi lainnya, karena sudah di atur dengan undang undang Pelaksaan Pilkada," tegas Helfandi.

Ia mengatakan, kita siap membantu bersama Personil Polri dan TNI dalam membekap penetipan alat peraga kampanye.

" Kita saat ini akan mertibkan yang berbau kampanye, karena situasi ini, kalau ada di temukan bener dan spanduk kami siap dari TNI dan Polri bersama Satpol PP," ungkap Helfandi.

Ia berharap, Hari ini bisa di laksanakan dengan pemantauan langsung dalam mensukseskan pesta demokrasi dengan bahu dengan membahu dan satpol PP Kepulauan Meranti siap 150 orang kami turun bersama.

Sementara itu, Ketua KPU Abu Hamid mengatakan bahwa dalam Minggu tenang ini adalah tanggung jawab langsung sebenarnya para paslon menertibkan alat peraga kampanye mereka namun ada sebagian belum selesai mereka lakukan maka pihak berwenang wajib menertibkan untuk mensukseskan pilkada tahun 2020.

"KPU Kepualauan Meranti saat ini, sudah mempersiapkan logistik dan kita akan mempersiapkan segala hal dalam pelaksanaan pemilu, agar dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang kita harapkan secara bersama," harap Abu Hamid. (THZ)



Tulis Komentar