Kerjasama Perdagangan

Pemko Dumai Buka Peluang Jalur Kerjasama Perdagangan Dengan Pemerintah Malaysia

Para peserta zoom meeting Pemko Dumai dan para pelaku usaha Malaysia. (Foto: ZUL/ANews)

Dumai (ANews) - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bakal membuka jalur kerjasama perdagangan dengan pemerintah Malaysia, jika regulasi atau peraturan terkait kerjasama tersebut diberi kemudahan oleh pemerintahan kedua negara.

Hal itu jika terwujud tentu akan menjadikan roda perekonomian akan berputar, baik bagi masyarakat Dumai dan sekitarnya juga beberapa daerah di negara tetangga.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Dumai Zulkarnaen sangat berharap agar kerjasama itu segera terwujud. 

"Kita sangat harapkan kerjasama perdagangan ini. Dalam waktu dekat ini akan saya bicarakan dengan instansi terkait lainnya," ujar Zulkarnaen, Senin (14/12/2020) dikantornya saat mengadakan Zoom Meeting bersama usahawan Malaysia, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dumai serta Ketua dan Pengurus Koperasi Ekonomi Teknologi Agro Niaga (KETAN).

Sementara itu, Direktor PEXIT SDN.BHD Hjh.Rokiyah Adnan menyebutkan terkait kerjasama perdagangan itu telah lama diinginkan. Beberapa waktu yang lalu sudah pernah terjalin namun belakangan kerjasama eksport-import ini sempat terhenti.

"Kita dari Malaysia ada banyak produk yang dapat di pasarkan di Dumai. Kita juga perlukan beberapa produk dari Dumai. Tidak itu saja kami juga perlukan beberapa jenis komiditi seperti kelapa, buah-buahan dan juga sayuran. Kami juga dengar ada produk Pisang  Salai dari Dumai, ini juga dapat kita pasarkan disini,"sebut Rokiyah.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Dumai, Zulfan Ismaini juga menyambut baik kerjasama ini. "Kita akan upayakan kerjasama ini segera terjalin. Apalagi saat ini Roro Dumai-Malaka mulai dikerjakan. Dan di Dumai sendiri dikabarkan persiapan hampir rampung. Tentu ini akan membuka kran kerjasama itu akan semakin lebar,"katanya.

Selain itu, Ketua Koperasi Ekonomi Teknologi Agro Niaga (KETAN) Ridwan Safri yang sering disapa Ocu mengatakan kerjasama perdagangan ini telah dirintis, hampir satu tahun yang lalu, namun dikarena kondisi Covid-19 kerjasama itu sempat tertunda.

"Selain kondisi Covid-19, beberapa regulasi atau peraturan dari Pemerintah harus kita ikuti. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan dari Dinas Perdagangan dan Kadin Dumai hal ini dapat terwujud dan segera terealisasi," kata Ocu.

Dari Kota Dumai yang mengikuti Zoom Meeting tersebut diantaranya Kepala Disperindag Kota Dumai (Zulkarnaen), Ketua Kadin Dumai (Zulfan Ismaini), Ketua Koperasi KETAN (Ridwan Safri), Wakil Ketua (Zulkifli), Sekretaris (Annisa Andini), dan Bendahara (Yuri Cindy).

Zoom Meeting tersebut digagas oleh Direktor PEXIT SDN.BHD, Hajah Rokiyah Adnan (Kilang Gula Citra - Kuantan Pahang).

Peserta dari Malaysia yang mengikuti adalah, Ibu Rozza-Paya Jaras (Selangor) Pn Shidah - Gombak (Selangor). Tn Mokhyar, Klang, Selangor (Selangor-Travel Agensi), Pn Sri - Kuala Lumpur, Pn Awin - Kuching (Serawak), Khairul Mazlan dan Noreena (Kualalumpur), Pencuci Jenama BIL, Pn. Sharini (Perak), Luqman Hakimi Kambing Perap, Beranang, Selangor. (ZUL)



Tulis Komentar