Pariwisata

IKKS Pekanbaru Kunjungi 4 Objek Wisata Kuantan Mudik di Kuansing

Rombongan IKKS Pekanbaru berfoto bersama sebelum berangkat ke objek wisata di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuansing Ahad, (6/2/2022) (F.Hrz/Anews)

Teluk Kuantan (ANews) - Bersempena menghadiri undangan Olek Godang Melokek Golar Rang Sumando "Panglimo Kayo" kepada Dandrem 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed SE, M Han, pada Sabtu (5/2/2022) lalu, sejumlah pengurus yang mewakili Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru melanjutkan kunjungan ke 4 Objek Wisata Kuantan Mudik di Kuansing, pada Ahad (6/2/2022).

Namun sebelum kunjungan objek wisata, pada Sabtu (5/2/2022) malam pengurus IKKS melakukan audiensi dengan Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby di kediamannya di Pulang Panjang, Inuman. 

Menurut Ketua III IKKS Pekanbaru Endrianto Usta audiensi dengan Bupati Kuansing merupakan salah satu program IKKS dalam memberikan, dukungan, masukan dan saran kepada Bupati dalam menjalankan roda pemerintahannya. 

"Kita berharap IKKS dapat memberikan andil untuk kemajuan Kuansing. Sebagai kaum perantau, kita juga tak lupa dengan kampung halaman. Karena itu dukungan, masukan dan saran dari kami, yang dirantau ini bisa diakomodir dan diharapkan dapat mendukung kemajuan masyarakat Kuansing," ucap Endrianto yang didampingi Sekretaris Umum Arman Lingga Wisnu dan Bendahara Umum Sadrianto Madari dan para Ketua bidang IKKS dalam bincang-bincang dengan AmanahNews.com di Telukuantan, Ahad (6/2/2022). 

Selain itu, tambahnya IKKS juga ingin turut ambil bagian untuk memperomosikan sejumlah objek wisata di Kuansing. Dalam tahap awal ini, sehubungan dengan sempena memenuhi undangan Olek Godang Rang Sumando, sejumlah pengurus inti yang mewakili mengunjungi 4 objek wisata di Kecamatan Kuantan Mudik, yang tak jauh dari lokasi Olek Godang.

"Ini juga bagian dari melaksanakan program kerja IKKS Pekanbaru di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,'' jelas Endrianto.

Dia tidak menampik bahwa objek-objek wisata di Kuansing tentu tidak kalah menarik dengan objek-objek wisata di daerah lain. 

'Kita berharap objek wisata di Kuansing lebih maju dan berkembang. Dan ini juga didukung oleh Bupati Kuansing yang dalam program-programmnya di pemerintahanan,''terang Endrianto. 

Adapun 4 objek wisata yang dikunjungi IKKS Pekanbaru di Kecamatan Kuantan Mudik adalah Danau Kebun Nopi, Pemandian Alam Tepian Napagh Kuniang, Desa Seberang Cengar, Guruh Gemurai di Desa Kasang, 
Objek Wisata Tobek Paboun di Peboun Hilir. 

Danau Kebun Nopi, merupakan sebuah danau buatan yang dibangun untuk kebutuhan kegiatan PON pada tahun 2012. Danau ini dibuat sebagai bagian dari venue olahraga, tepatnya olahraga dayung. Danau ini terletak di Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Rombongn IKKS Pekanbaru di Danau Kebun Nopi. (F.hrz/Anews)

Pemandian Alam Tepian Napagh Kuniang, Desa Seberang Cengar merupakan objek wisata pemandian dengan aliran sungai yang memiliki air jernih. Pemandian ini terdiri dari napal, atau batuan yang terdiri atas lempung dan kalium-karbonat, dalam kondisi keras. Warna batuan napal di pemandian Desa Seberang Cengar ini kuning. Tapi tidak menimbulkan air yang keruh. Justru, air di pemandian tepian Napagh Kuniang ini jernih dengan suasana alami.

Gerbang  dan tempat Pemandian Alam Tepian Napagh Kuniang.(F.Hrz/Anews) 

Guruh Gemurai di Desa Kasang, Kuantan Mudik dari pusat Kota Kuansing berjarak sekitar 30 kilometer menuju arah Kiliran Jao yang berbatasan dengan Sumatera Barat (Sumbar). Dari Pekanbaru, menempuh perjalanan lebih kurang empat jam menggunakan kendaraan roda empat. Air terjun tersebut berada sekitar 3 kilometer dari pinggir jalan lintas Kuansing-Kiliran Jao. Air terjun Guruh Gemurai begitu memesona dan menjadi magnet bagi wisatawan. 

Objek wisata Guruh Gemurai yang masih asri.(hrz/ANews)

Objek Wisata Tobek Paboun di Peboun Hilir, Kuantan Mudik berbatas langsung dengan Desa Koto Gunung di Sebelah Utara, Desa Pebaun Hulu di sebelah Barat, Desa Pulau Binjai sebelah Timur dan berbatasan langsung dengan Sungai Batang Kuantan di sebelah Selatan. Desa Pebaun Hilir mulai bergerak ke arah Pariwisata dengan membangun tempat wisata bernama Tobek Pebaun.

Pengurus IKKS Pekanbaru berfoto di taman wisata Tobek Paboun.(F.hrz/Anews)

Tobek Pebaun sendiri merupakan Objek wisata yang menjadi "Landmark" Desa Pebaun Hilir dengan memberikan pemandangan yang Indah. Objek wisata ini dikelola langsung oleh Bumdes Pebaun Hilir. diPemandangan yang tersaji dalam objek wisata Tobek Pebaun sendiri terbagi atas 3 jenis sesuai dengan musim yaitu Musim Biru yang menyajikan Hamparan Air, musim Hijau yang menyajikan hamparan hijau padi dan musim Kuning yang menyajikan hamparan padi yang siap untuk dipanen.(HRZ)


 



Tulis Komentar