Pilkada Serentak 2024

Eskalasi Jelang Pilgubri 2024 Meningkat SF Hariyanto Dikabarkan Ikut Bertarung

Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto. Ft.dtc/net

PEKANBARU (ANEWS) - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak khususnya Pemilihan Gubernur Riau atau Pilgubri kini hanya empat bulan lagi, akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Tetapi berbagai kejutan dan manuver terus bermunculan di tengah-tengah masyarakat Riau. Salah satu yang mencuat ke publik adalah SF Hariyanto yang saat ini penjabat Gubernur Riau, digadang-gadang akan ikut maju pada kontestasi pilgubri nanti.

Selain SF Hariyanto terbaru, partai berlambang ka'bah, PPP Riau yang dinakhodai mantan Bupati Bengkalis Syamsurizal dikabarkan justru akan mendukung duet M.Nasir-Wardan.

Syamsurizal sendiri kabarnya akan mengumpulkan parta-partai non parlemen seperti PSI, Perindo, PBB dan Hanura, agar bisa berlayar di Pilgubri.

Kepastian dukungan kepada Nasir berdasarkan Surat Rekomendasi yang diserahkan kepada M.Nasir di Kantor DPP PPP Jakarta oleh Wakil Ketua Umum, Rusli Effendi, Senin (8/7/24).

“Betul, dukungan PPP Riau kita berikan pada M.Nasir-Wardan. Penyerahan rekomendasi dilakukan di Kantor DPP PPP Senin ini," kata Ketua Tim Penjaringan DPW PPP Riau, Afrizal, Senin (8/7/24).

Kejutan berikutnya sepertinya akan datang dari SF Hariyanto. Pejabat gubri yang kini getol membangun infrastruktur di Riau ini, kabarnya akan ikut bertarung di pilgubri. SF Hariyanto diberitakan akan berlayar menggunakan PKB, partai besutan Abdul Wahid.

Bahkan saat ini beredar isu dukungan PKS beralih dari Syamsuar ke SF Hariyanto. Kabar itu kian menyeruak beberapa hari belakangan, seiring makin intensnya lobi-lobi antar bacalongub dengan partai politik.

Ketika hal itu dikonfirmaaikan ke Tim Pemenangan PKS, Markarius Anwar, ia mengatakan bahwa PKS belum menentukan sikap soal dukungan pilgubri. Termasuk santernya isu peralihan dukungan dari Syamsuar ke SF Hariyanto.

“Rabu ini kita akan rapat untuk menentukan sikap dukungan," ujar Markarius saat ditanya melalui pesan whatsapp.

Ekskalasi politik Riau jelang pilgubri Oktober nanti memang semakin panas.

Bacalon gubernur terlihat semakin intens menjalin komunikasi dengan partai politik pendukung. (*/ZET)



Tulis Komentar