Opini

Prestasi SMA Pintar: 346 Nasional, 5 di Riau (4)

Oleh: Sahabat Jang Itam dan Tim

Doa dan keinginan H. Sukarmis untuk mejadikan SMA Pintar sebagai sekolah “terpintar” pelan tapi pasti mulai kelihatan.  Tak hanya raihan prestasi demi prestasi “terbaik” di tingkat Kabupaten (Kuantan Singingi), sekolah ini  berhasil meraih di tingkat provinsi (Riau) bahkan nasional.

Lalu apa prestasi tersebut, berikut lanjutan tulisan ini. 

----------------

TAHUN 2022 lalu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menempatkan SMA Pintar dalam 1000  SMA/MA terbaik se-Indonesia. Bayangkan dari 23.657 SMA/MA di Indonesia, SMA Pintar berada pada rangking 346 dengan total nilai 542.295. Sedangkan untuk SMA/MA di Riau, SMA Pintar berada pada rangking ke-5.

Untuk Riau, rangking teratas masih diraih SMA Swasta Darma Yudha, Pekanbaru. Tahun 2022 SMA ini berada pada rangking ke-49 secara nasional dengan nilai 594.667. Sedangkan untuk Sumatera peringkat teratas diraih MA Negeri Insan Cendekia Batam, Kepulauan Riau yang berada pada rangking ke 20 nasional dengan nilai 616.585.

Keberhasilan SMA Pintar ditingkat nasional dan Propinsi Riau itu tak lepas dari prestasi siswanya yang gemilang dan terbilang. Sejak berdiri, berbagai ajang lomba akademik dan non akademik baik tingkat Kabupaten  Kuantan Singingi, Provinsi Riau bahkan nasional sudah diraih siswa “ter-pin-tar” dari SMA Pintar ini.  

Sebut saja lomba karya ilmiah remaja, olimpiade sains perlbagai mata pelajaran, lomba cerdas cermat, debat bahasa Inggris, dan lainnya tersimpan di almari SMA Pintar.  Tak hanya “jago di kandang,” siswa SMA Pintar juga mereka berprestasi di tingkat nasional. 

“Terlalu panjang untuk ditulis satu persatu – saking banyaknya.” 

“Siapa yang tak bangga dengan segala raihan ini?”

Kepala SMA Pintar, Familus, S.Pd., M.Pd menyebut raihan prestasi demi prestasi itu selain kerja keras siswa, guru juga doa kita bersama masyarakat  Kuantan Singingi.  “Doa tanpa kerja tidak ada juga artinya kan?.” ujar kandidat doctor dari  Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat ini. 

-----------------

TAK hanya siswa, guru termasuk Kepala Sekolah SMA Pintar juga meraih prestasi membangggakan di tingkat nasional. 

“Kapan?”

Pada tahun 2015, Kepala SMA Pintar terpilih sebagai peserta terbaik pada program benchmarking, networking, dan kerjasama kepala sekolah pendidikan menengah untuk para kepala sekolah internasional di Indonesia. 

Sebagai hadiah, kepala SMA Pintar mendapatkan kesempatan ke Jepang dan Korea Selatan. Hadiah diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI berupa program visit learning pengembangan pembelajaran pendidikan untuk melihat secara lansung sistem pembelajaran, manajemen, dan supervisi sekolah di Jepang dan Korea Selatan, 16 - 23 Mei 2015. 

Selain Kepala SMA Pintar, ada 16 orang yang berprestasi lainnya pada tingkat nasional yaitu guru, kepala sekolah dan pengawas, juga diikutsertakan.

Atas raihan prestasi tersebut,  orang sering memplesetikan, “Ada Kepsek PINTAR di SMA PINTAR.”   

“Penilaian itu terlalu berlebihan,” ujar Familus yang juga Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kuantan Singingi ini tersenyum.

Familus, S.Pd.,  M.Pd  bersyukur atas prestasi yang pernah diraihnya dan berharap ini menjadi pelecut motivasi untuk memajukan pendidikan di SMA Pintar khususnya dan Kuantan Singingi pada umumnya.

Lalu bagaimana dengan alumni SMA Pintar ini yang sudah tersebar di mana-mana? 

Tunggu tulisan edisi berikutnya! (bersambung)

 

Publikasi: Forum IKKS/IWAKUSI Indonesia

23 Juni 2022



Tulis Komentar