Opini

Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Tematik Daring Di Masa Pandemi Bagi Siswa Sekolah Dasar

Ilustrasi pembelajaran tematik. Ft.Dok-Mhs

Oleh: Desri Uttami, Mecy Pelfia Triyani, Ulfa Nadiyah, Yendra Pradana Putra, Yusri Kurniati *)

PANDEMI COVID-19 yang melanda dunia telah memberikan dampak pada berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. 

Akibat pandemi tersebut, proses penyelenggaraan pendidikan di Indonesia terpaksa dilakukan secara daring. Pembelajaran dilakukan dengan metode jarak jauh sebagaimana kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mencegah penyebaran pandemi yang semakin masif.

Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi, pelajaran atau bidang studi menjadi satu tema atau topik pembahasan tertentu sehingga terjadi integrasi antara pengetahuan, keterampilan dan nilai yang memungkinkan siswa aktif menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik, bermakna dan otentik.

Jika pada saat pandemi sekarang ini siswa sangat sulit untuk memahami materi dan pembelajaran kurang efektif.

Maka dari itu, media sosial dapat digunakan sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran.

Dengan demikian pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran tematik siswa Sekolah Dasar di masa pandemi yang diuraikan melalui tiga sub pokok bahasan, yaitu rencana pemanfaatan, cara pemanfaatan, serta tantangan pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran.

1. Rencana Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Tematik Guru dan siswa dapat menetapkan tujuan pembelajaran sesuai ketersediaan waktu dan memilih materi yang akan disampaikan dengan langkah-langkah yang tepat dan akurat. 

2. Cara Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Tematik. 

Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran Tematik diharapkan siswa mampu memiliki keterampilan berbahasa yang baik dan santun yang diikuti dengan kemampuannya untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Pemanfaatan media soaial tersebut bisa melalui Whatsapp, Youtube, Zoom, Meet dan lain lain.

3. Dampak Media Sosial dari Pembelajaran Tematik Daring Akibat Covid 19.

Dimasa pandemi seperti ini banyak dampak yang dirasakan, khususnya oleh guru, siswa, dan orang tua. Dampak positif adanya pandemi Covid 19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenal teknologi.

Berdampak positif apabila pengguna dapat memanfaatkan media sosial dengan benar dan tepat dan berdampak negatif jika pengguna tidak dapat memanfaatkan media sosial dengan benar.

Dengan demikian dalam pemanfaatannya, pendidik sebagai SDM profesional diharapkan mampu mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuannya sesuai dengan perkembangan Iptek.

Sebagaimana tugas-tugas pendidik dalam pembelajaran, yaitu merencanakan, melaksanakan, mengendalikan, menilai, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran, pendidik diharapkan mampu mengoptimalkan media sosial sebagai media pembelajaran secara kreatif dan inovatif.

Hal tersebut diperlukan untuk dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa selama proses pembelajaran. ***

*) Penulis adalah Mahasiswa Program Studi PGSD Angkatan 2020, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dengan Dosen Pengampu Dea Mustika, S.Pd.,M.Pd.



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar